Optimasi setting Bandwidth internet Windows7 Profesional

Disable bandwidth limit windows7 profesional

Apakah sobat tahu Windows Vista dan Windows 7 dapat menyita 20% Bandwidth pada OS "Operating System" komputer? Seperti juga yang dialami saudaranya "Bandwith Windows XP Profesional dan Windows Home Edittion" Hal ini akan terjadi jika sobat tidak me-nonaktifkan setting Bandwidth Limit pada OS Windows.

Tapi apasih sebenarnya fungsi dari Bandwidth Limit pada system Windows? salah satu fungsi Bandwidth Limit pada OS adalah untuk Automatic Update Windows. Penggunaan Bandwidth ini terjadi apabila sobat sedang melakukan update system Windows atau juga system Windows sendiri yang melakukan automatic update system yang dirasa sangat diperlukan saja.

Jika sobat jarang menggunakan fungsi Bandwidth untuk automatic update sebaiknya kita disable saja konfigurasi Bandwith Limit di QoS (Quality of Servis) Packet Schaduler. Dengan demikian akan menghasilkan kecepatan yang lebih baik saat menggunakan internet. Cara ini merupakan salah satu optimasi mempercepat internet yang aman dan sudah banyak sekali diterapkan di komputer / laptop yang menggunakan koneksi internet tanpa software tambahan.

Cara disable Bandwidth Limit Windows 7 
1. Membuka Local Policy Editor Windows 7
Gunakan Windows Run - Start Windows / klik Run, atau juga bisa dengan shortcut "Win+R". Kemudian isikan kolom windows run dengan gpedit.msc - tekan Enter.
Catatan: Tidak bisa digunakan Windows 7 Home.

2. Setting QoS Packet Schaduler
Kemudian Sobat akan dihadapkan dengan tampilan seperti gambar dibawah:

QoS Packet Schaduler - Windows 7 Profesional

Cari QoS Packet Schaduler - Local Computer Policy / Computer Configuration / Administrative Templates / Network / kemudian pilih QoS Packet Schaduler.

3. Setting Configuration Bandwidth Limit

Setting edit Bandwith Limit - Windows 7 Profesional

Buka "doble klik" Limit Reservable Bandwidth, pilih konfigurasi enable, isikan Bandwidth Limit (%) = 0,
Catatan: Bandwidth Limit % jangan dibiarkan kosong, tapi harus diisi dengan angka 0.

4. Simpan configurasi
Kemudian klik Apply simpan configurasi yang baru, klik Ok, selesai

terimakasih dan semoga bermanfaat.. ^_^

2 komentar: