Optimasi setting Bandwidth internet Windows 7 Home Premium

Cara disable automatic updates & setting registry editor Bandwidth Limit 
Windows7 Home Premium Edition
Men-disable automatic update pada OS Windows7 Home Premium akan sedikit membantu dalam meng-optimasi bandwidth internet komputer, dengan cara optimasi ini sobat tidak akan merasa terganggu dengan proses automatic update Windows7 Home Premium yang secara tiba-tiba pada waktu kita sedang asik surfing internet dalam waktu yang bersamaan. Tentu saja automatic update Windows yang secara tiba-tiba akan memakai jatah trafik bandwidth yang kita pakai sebesar 20%. Misalkan saja, saya berlangganan tarif internet provider CDMA yang memiliki kecepatan akses bandwidth 153kbps, sehingga ketika automatic update terjadi akan memakai jatah bandwidth sebesar 30,6kbps dan akan tersisa 122,4kbps untuk surfing internet dsb pada waktu yang bersamaan. Akibatnya tentu saja akan sangat terasa pada kecepatan saat kita sedang surfing di internet.

Jika sobat jarang menggunakan fungsi bandwidth untuk automatic update sebaiknya kita disable automatic update Windows walaupun bukan suatu keharusan. Dengan demikian automatic update windows tidak akan terjadi dan menggangu jatah bandwidth yang kita gunakan. Cara ini merupakan salah satu optimasi internal / optimasi komputer internet yang aman dan sudah banyak di terapkan di komputer PC / laptop yang menggunakan koneksi internet, cara ini juga merupakan salah satu cara optimasi tanpa menggunakan software tambahan, optimasi ini hanya dengan cara meng-edit registry editor saja.

Cara men-disable automatic update Windows7 Home Premium adalah sebagai berikut:
  1. Klik Start - Control Panel - System.
  2. Kemudian sobat akan dihadapkan System Properties, pilih tab automatic update - tandai Turn off automatic updates.
  3. Simpan konfigurasi klik OK!
Kemudian kita selesaikan dengan disable bandwidth Windows7 Home Premium dengan registry editor. Intinya adalah menanamkan registri yang baru yang berkaitan dengan bandwidth pada OS Windows7 Home Premium dengan nama "NonBestEffortLimit"=dword:00000000 pada Psched. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Jalankan Windows Run dengan klik Start - Run, atau juga bisa juga dengan key shortcut "Win+R".
  2. Isikan kolom Windows Run dengan regedit.
  3. Cari Psched di dalam registry editor dengan urutan sebagai berikut: [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsft\Windows\Pschead] kemudian klik kanan Psched - pilih opsi new DWORD value, beri nama dengan NonBestEffortLimit-value=0. Jika sudah terdapat NonBestEffortLimit kita tinggal setting value 1 menjadi 0.
  4. Apabila sobat tidak menemukan Psched, sobat bisa meng-editnya di bagian Adapter [HKEY_LOCAL_MACHINES\System\CurrentControlSet\Services\Psched\Parameter\adapter], kemudian klik kanan Adapter - pilih opsi new DWORD value, beri nama dengan NonBestEffortLimit- value = 0. Hasilnya akan sama saja dengan langkah 3 diatas.
Catatan: edit registri harus dengan hexadecimal. Nilai value = 0 adalah "tidak aktif / disable", value = 1 "aktif / enable.

Saran Optimasi lain:

Terimakasih dan semoga bermanfaat..

4 komentar:

  1. terima kasih gan infonya !!!
    http://cellcompb.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Hai. aku juga punya materi yang berhubungan dengan bandwidth. kunjungi saja di. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2572/1/168.pdf

    BalasHapus