Tips: Mengoptimalkan Koneksi Internet Dengan Mengganti DNS


Pengertian dan fungsi DNS ( Domain Name System )
Pengertian DNS (Domain Name System, bahasa Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan computer. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing).
Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.example.com di internet browser maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 192.0.32.10 (IPv4) dan 2620:0:2d0:200::10 (IPv6).
Fungsi dari setting DNS adalah untuk menentukan alamat IP server yang berfungsi sebagai Domain Name Server (server ini bertugas menerjemahkan alamat domain yang Anda tuju). Setting ini sebaiknya Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja internet kita menjadi semakin bertambah cepat dan lancar, walaupun bukan merupakan suatu keharusan. Tetapi kapan mengganti DNS ini diperlukan? Kreative Internet rasa Anda sudah mengetahui jawabanya sebelum menemukan artikel ini.

Bagaimana cara Memilih, Mencari, Menemukan DNS yang bagus?
Anda tidak usah repot-repot. Banyak sekali software-software yang dapat Anda gunakan untuk mencari DNS, salah satunya yang sering Kreative Internet gunakan adalah DNSBench 1.2.3925.0 . DNSBench ini adalah buatan dari Gibson Research Corp nama pembuatnya Steve Gibson. Cara penggunaanya sangatlah mudah, Anda tinggal jalankan saja DNSBench (klik "Run Benchmark") setelah koneksi internet Anda tersambung, dan beberapa menit kemudian DNSBench ini secara automatis akan memberikan daftar-daftar OpenDNS yang dapat Anda gunakan secara gratis. Disini Anda dapat melihat Nama, Owner, Status, Response Time daftar OpenDNS yang dapat Anda gunakan.

Pada gambar menunjukan daftar-daftar urutan DNS dari yang teratas / tercepat hingga kurang cepat. Kreative Internet hanya pada tahap ini saja karena daftar DNS teratas menurut Kreative Internet sudah sangat memuaskan bagi Kreative Internet. Dan apabila Anda ingin melanjutkannya klik “Build Costum List”, Anda tinggal menunggu beberapa menit DNSBench akan menseleksi secara ketat dari puluhan ribu OpenDNS untuk DNS terbaik yang dapat Anda gunakan menurut versi DNSBench

Link Download:
Software DNSBench 1.2.3925.0 download disini
Situsnya disini
NB: ”Jangan dimatikan (Exit) setelah Anda menjalankan aplikasi ini, tujuan untuk mengisi setting DNS Anda yang baru”.

Cara mengganti atau mengisi DNS yang baru:
Sebelumnya perhatikan dahulu untuk type atau jenis koneksi yang anda gunakan.
1.      USB Modem / flash modem
Dikarenakan banyak sekali berbagai macam produk dan merk, pada intinya cara setting atau menganti DNS-nya adalah sebagai berikut, putuskan terlebih dahulu koneksi internet Anda, Setting/Options, pilih “nama modem” yang Anda gunakan untuk koneksi internetnya, Setting/Options/Advance/Configurations/Properties.. Kemudian cari hal-hal yang bertuliskan “DNS”, kemudian ganti dengan yang manual. Isikan dengan DNS yang Anda dapatkan dari hasil DNSBench. Selesai, koneksikan internet Anda kembali dan lihat perbedaannya..
2.      Dial-Up
Contoh : Dial-Up Telkomnet Instant , Dial-Up modem HP buatan sendiri Baca disini, Telkom Speedy, dan Dial-Up yang lainnya. Caranya hampir sama, seperti dibawah ini:
Klik “Start” kemudian “Connec To” pilih opsi “Network Connections” yang Anda gunakan.  Atau dapat juga lewat klik kanan “Lokal Area Connection” di sebelah kanan bawah icon tray desktop Anda, kemudian pilih “Open Network Connections” Disini Network Connections yang Kreative Internet gunakan adalah koneksi internet dial-up dengan nama HP StarOne. Kemudian lanjut ke “Properties”, “Networking”, Pilih opsi “Internet Protocol (TCP/IP)”,”Properties” ganti “Obtain DNS Server address Automaticaly” ke “Use Following DNS Server Address”, pada “Preferred dan Alternate DNS Server” isikan dengan hasil dari pencarian DNSBench tadi. Seperti pada gambar diatas. Selesai, koneksikan kembali internet anda dan lihat perbedaannya..
3.      Dan jenis-jenis Koneksi yang lain pada kesempatan selanjutnya.

Saran:
  1. Speedtest Awal (sebelum perubahan DNS) dan Speedtest Akhir (setelah perubahan DNS) akan menjadi faktor keberhasilan Anda..
  2. Mozilla firefox? gunakan Path speedyfox - untuk browser mozilla agar kembali agresif.
  3. cFosSpeed - Prioritas program traffic internet
Ide dan saran posting aja! ^-^

manual key:
Pengertian DNS, fungsi DNS, Domain Name System, Sistem Penamaan Domain, setting DNS, cara mengganti DNS, cara setting DNS, DNS Dial-up, Open DNS, menambah kecepatan internet, Cara mempercepat koneksiinternet, Cara mengoptimalkan internet, Cara setting DNS koneksi internet, Cara mencari DNS tercepat, Cara mencari penjaluran routing tercepat, Pengertian DNS, Fungsi DNS, Cara mengganti DNS, Pengertian Domain Name System, Pengertian Sistem Penamaan Domain, Fungsi Domain Name System, Fungsi Sistem Penamaan Domain, DNSBench Gibson Research Corp, Cara mengganti DNS modem, Cara setting DNSUSB Modem, Cara mengganti DNS Dial-up internet, Cara setting DNS, Cara setting DNSserver Address, Menggunakan OpenDNS, DNS OpenDNS, Cara mencari OpenDNS tercepat, OpenDNS terbaik, Cara memilih OpenDNS terbaik, Daftar OpenDNS terbaik, SoftwarePencari OpenDNS terbaik, Internet DNS access, Akses internet OpenDNS, Cara seleksi OpenDNS, Aplikasi OpenDNS terbaik, Aplikasi OpenDNS tercepat, Faster OpenDNS, OpenDNS modem internet tercepat, Effisiensi penjaluran routing, Effisiensi DNS internet, Cara mengeffisienkan DNS internet, Cara mempercepat koneksi modemHP dengan OpenDNS, Cara mempercepat koneksi internet modem USB dengan OpenDNS, Internet tercepat dengan OpenDNS, DNS benchmarking, Cara mempercepat jaringan internet dengan OpenDNS, Cara mempercepat internet yang lemot dengan OpenDNS, Cara mempercepat trafik internet, OpenDNS alternative, OpenDNS gratis, Software OpenDNS free gratis, Alternatif DNS TCP/IP, Download DNSBench.exe, Carameningkatkan kecepatan internet menjadi 2x lebih cepat dengan OpenDNS, Tips mempercepat internet dengan OpenDNS, Cara menstabilkan kecepatan internetdengan OpenDNS,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar