Tips: Cara Mengaplikasi Wajan Bolic Dengan Modem Hp


Mengapa menggunakan wajan bolic?
Murah
Hanya menggunakan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Tetapi hasilnya sangat memuaskan.
Efisien
Dapat digunakan untuk menguatkan frekunsi sinyal dari modem CDMA maupun GSM, dapat juga digunakan untuk modem HP dan flash modem.
Mudah dibuat
Lihat cara pembuatanya.
Barang kali sudah agak kadaluarsa ya topik ini, tapi tidak ada salahnya untuk membahas lagi mengenai wajanbolic dikarenakan manfaatnya dan merupakan kelanjutan dari artikel saya yang berjudul “Tips: Internet Murah Handphone CDMA Chip Starone dengan Installasi Kabel danModem DKU-5”.

Tujuan dan maksud wajan bolic ini:
Ok deh tutorial ini bersumber dari berbagai rangkuman artikel dan pengalaman saya sendiri. Saya cuman ingin mengantarkan pembaca blog ini yang memiliki niat kreatif untuk membuat antena untuk menguatkan sinyal modem internet dengan versi hasil karyanya sendiri. Sebagai tambahan informasi saat ini saya telah mendapatkan sinyal yang “bagus” jauh lebih baik 400% dengan Mengaplikasi wajan bolic dengan HP sebagai modem internetnya. Anda dapat mengganti modemnya dengan flash modem.
Gambar diatas diambil ketika download update avira menggunakan HP nokia 2280i

Mengatasi masalah sinyal yang lemah
Sedikit teori dari saya adalah antena ini akan meningkatkan atau menguatkan focus dan daya tembus dari frekuensi modulasi modem kita, sehingga akan didapatkan jangkauan penerimaan sinyal. Sebagai gambaran bila anda berada pada sebuah ruangan di gedung dan banyak sekali tembok dan konduktor {terdapat kabel listrik dan besi beton} antara komputer anda dan wifi access point, mungkin dengan membuat antena ini masalah anda akan teratasi dengan baik (setidaknya ini pengalaman pribadi saya).

Berikut ini adalah cara pembuatanya:
Langkah pertama bahan yang anda siapkan untuk membuat antena ini sangat sederhana selain computer dan modem{perhatikan di sekeliling anda}:
  1. Reflektor. Contoh: wajan penggorengan, disini yang saya gunakan tutup panci untuk memasak air yang sudah tidak terpakai lagi. {gunakan yang berbahan almunium atau tembaga, semakin besar semakin baik hasilnya}. Digunakan untuk menangkap fekuensi modulasi dari BTS {Tower layanan kartu}
  2. Penghubung reflektor dan modem focus, contoh: saya gunakan botol plastik air mineral dengan tutupnya {Bukan bahan konduktor}
  3. Tiang penyangga beserta dudukannya, disini saya gunakan kaki monitor dan besi antena radio yang berukuran besar {usahakan terpasang dengan kuat}
  4. Sedikit lembaran almunium sebagai induksi dan headsink modem, yang berukuran sebesar baterai HP.

Langkah kedua sangat mudah dan saya rasa tidak perlu saya jelaskan dan semua tergantung kreatifitas dan imajinasi anda sendiri. Contoh seperti gambar diatas. Yang perlu diperhatikan adalah menghitung titik focus panci/wajan. Hal ini akan menentukan pajang / jarak dari titik pusat ke modem pada botol plastic.
Cara mencari titik focus:

Sumber: rangkuman dari artikel-artikel wajan bolic.

Selamat ber-kreatif ria, semoga berhasil, dan terimakasih atas kunjungannya.. :D

4 komentar: