Optimasi setting bandwidth internet Windows Vista

Cara disable automatic update - Bandwidth limit Windows Vista

Pada prinsipnya optimasi internet dengan cara setting bandwidth OS Microsoft Windows Vista ( Vista Business, Ultimate, dan Enterprise editions ) hampir sama dengan saudara - saudaranya, mungkin masih dalam satu perusahaan kali!!. Seperti yang pernah saya ulas sebelumnya di Bandwidth Windows XP Professional, Bandwidth Windows XP Home edition, Bandwidth Windows 7 Professional, Bandwidth Windows 7 Home Premium edition, tentang langkah dan cara men-disable automatic update dan men-setting bandwidth OS Windows. Windows Vista juga membutuhkan bandwidth untuk automatic update system sebesar 20% bandwith internet yang kita gunakan. Misalkan saja saya berlangganan tarif internet provider CDMA dengan kecepatan akses 153kbps ( Standard CDMA ). Secara teori, ketika proses automatic update terjadi OS Windows akan menggunakan jatah bandwidth 20% sebesar 30,6kbps untuk meng-update system dan akan tersisa bandwidth 122,4kbps untuk surfing dsb. Tentu saja dengan bandwidth yang berkurang akan sangat terasa sekali pada kecepatan saat kita sedang berselancar di internet.dalam waktu yang bersamaan.

Langkah 1. Berikut ini adalah cara untuk men-disable automatic update Windows Vista:
  1. Klik Start - Control Panel - System
  2. Selanjutnya pada tampilan System Properties, pilih tab automatic updates, kemudian pilih opsi "Turn off automatic updates"
  3. Klik OK! untuk menyimpan konfigurasi yang baru.
Langkah 2. Setting bandwidth di Limit reservable bandwidth Windows Vista
  1. Buka Windows run, dengan klik start - run, atau juga bisa dengan key shortcut "Win+R".
  2. Isikan kolom window run dengan gpedit.msc.
  3. Pada tampilan Group policy, kita cari Limit reservable bandwidth, dengan urutan sebagai berikut: Computer Configuration, Administrative templates, Network, QoS Packet Schaduler.Limit reservable bandwidth ditampilkan di sebelah kanan layar QoS Packet Scheduler.
  4. Setting Limit reservable bandwidth properties dengan double klik, tandai enable, kemudian kita dapat mengubah limit bandwidth % dari nilai 20 menjadi 0.
  5. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi yang baru.
Catatan: Limit reservable bandwidth not configured = default limit bandwidth 20%. Isikan dengan nilai 0, jangan dibiarkan kosong.

Men-disable fungsi Bandwidth untuk automatic update merupakan salah satu cara untuk meng-optimasi internet dari segi komputer / internal. Dengan demikian tidak akan menggangu jatah bandwith yang kita gunakan. Cara ini merupakan optimasi komputer inter yang aman dan sudah banyak sekali diterapkan di komputer / laptop yang menggunakan koneksi internet.

Saran Optimasi lain:

Terimakasih dan semoga dapat membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar